Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Tutorial Membuat Pewarisan Dalam Java

0 Comments »
Nama / NIM                                  : Ketut Sulya Arya Wasika / 1404505045
Jurusan / Fakultas / Universitas    : Teknologi Informasi / Teknik /  Universitas Udayana
Mata Kuliah                                  : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen                                            : I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT.



Hasil gambar untuk nama inheritance java
Pada siang ini saya akan mengulas tentang cara membuat pewarisan dalam Bahasa pemrograman Java, simak dengan baik ulasan berikut ini, kita mulai dari pengertian dasar inheritance
Pengertian dasar inheritance
Inheritance (Pewarisan) merupakan salah satu dari tiga konsep dasar OOP. Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas/obyek dapat mempunyai entitas/obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan. Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class.
Dalam dunia riil, suatu entitas turunan dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai dari entitas induknya. Misalkan saja antara entitas Bapak dan entitas Anak. Entitas anak dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh entitas Bapaknya. Demikian juga dalam konsep inheritance, suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class. Inilah yang terpenting dari konsep inheritance

Dalam Java, semua class, termasuk class yang membangun Java API, adalah subclasses dari superclass Object. Contoh hirarki class diperlihatkan di bawah ini.
Beberapa class di atas class utama dalam hirarki class dikenal sebagai superclass. Sementara beberapa class di bawah class pokok dalam hirarki class dikenal sebagai subclass dari class tersebut.
 Hasil gambar untuk pewarisan java
Gambar 1: Hirarki class
Pewarisan adalah keuntungan besar dalam pemrograman berbasis object karena suatu sifat atau method didefinisikan dalam superclass, sifat ini secara otomatis diwariskan dari semua subclasses. Jadi, Anda dapat menuliskan kode method hanya sekali dan mereka dapat digunakan oleh semua subclass. Subclass hanya butuh mengimplementasikan perbedaannya sendiri dan induknya.
Untuk memperoleh suatu class, kita menggunakan kata kunci extend. Untuk mengilustrasikan ini, kita akan membuat contoh class induk. Dimisalkan kita mempunyai class induk yang dinamakan Person.

public class Person
{
protected String name;
protected String address;
/**
* Default constructor
*/
public Person(){
System.out.println(“Inside Person:Constructor”);
name = "";
address = "";
}
/**
* Constructor dengan dua parameter
*/
public Person( String name, String address ){
this.name = name;
this.address = address;
}
/**
* Method accessor
*/
public String getName(){
return name;
}
public String getAddress(){
return address;
}
public void setName( String name ){
this.name = name;
}
public void setAddress( String add ){
this.address = add;
}
}

Penjelasan mengenai program ini:
Perhatikan bahwa atribut name dan address dideklarasikan sebagai protected. Alasannya kita melakukan ini yaitu, kita inginkan atribut-atribut ini untuk bisa diakses oleh subclasses dari superclassess. Jika kita mendeklarasikan sebagai private, subclasses tidak dapat menggunakannya. Catatan bahwa semua properti dari superclass yang dideklarasikan sebagai public, protected dan default dapat diakses oleh subclasses-nya.
Sekarang, kita ingin membuat class lain bernama Student. Karena Student juga sebagai Person, kita putuskan hanya meng-extend class Person, sehingga kita dapat mewariskan semua properti dan method dari setiap class Person yang ada. Untuk melakukan ini, kita tulis,

public class Student extends Person
{
public Student(){
System.out.println(“Inside Student:Constructor”);
//beberapa kode di sini
}
// beberapa kode di sini
}

Ketika object Student di-instantiate, default constructor dari superclass secara mutlak meminta untuk melakukan inisialisasi yang seharusnya. Setelah itu, pernyataan di dalam subclass dieksekusi. Untuk mengilustrasikannya, perhatikan kode berikut,

public static void main( String[] args ){
Student anna = new Student();
}

Dalam kode ini, kita membuat sebuah object dari class Student. Keluaran dari program adalah,
Inside Person:Constructor
Inside Student:Constructor

Daftar Pustaka

http://saniya0329.blogspot.com/2012/07/pengertian-inheritance-dan-polomorfisme.html (diakses pada tanggal 7 Maret 2015)

20.08

0 Responses to "Tutorial Membuat Pewarisan Dalam Java"

Posting Komentar