Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Use Case dan Sequence Kasir dan Admin

0 Comments »
Nama / NIM : Ketut Sulya Arya Wasika / 1404505045
Jurusan/Fakultas/Universitas : Teknologi/ F. Teknik/ Universitas Udayana
Matkul : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, ST, MT



Hallo sobat kali ini saya akan mengulas mengenai pembuatan use case dan sequence pada kasir dan admin, terlebih dulu saya akan memberikan pengertioan mengenai POS (Point Of Sales)

POS (Point Of Sales)

Definisi dan Fungsi Point of Sales. Definisi Point Of Sales dan biasa disingkat POS dapat diterjemahkan bebas menjadi sistem kasir, yaitu aktivitas yang ber-orientasi pada penjualan yang terjadi pada bidang usaha. Mengapa POS ini menjadi terlihat sangat penting? Hal ini semata-mata karena Point of Sales (POS) merupakan terminal tempat uang diterima dari pelanggan ke toko retail. Bagi pemilik usaha, uang masuk adalah indikator yang paling mudah untuk mengukur pendapatan, disebut dengan OMZET.

Point of Sales (POS) juga menjadi sangat penting karena seiring dengan berkembangnya usaha, sistem kasir akan dijalankan bukan oleh pemilik, namun oleh karyawan. Karena itu pemilik wajib tahu apa yang dikerjakan oleh kasir, dan berapa uang yang didapatkan secara tepat.

USE CASE DIAGRAM

Berikut ini merupakan tampilan dari use case diagram pada POS



Hak yang dimiliki:
  1. Admin memiliki tanggung jawab untuk daftar, login liat barang, cari barang, insert barang, delete barang, edit barang, liat pesanan, hapus pesanan,approve pesanan, insert pegawai, edit pegawai, dan delete pegawai.
  2. Kasir memiliki tanggung jawab untuk login, liat barang, pesan barang, liat pesanan, dan hapus pesanan.


SEQUENCE DIAGRAM

Daftar


Login

Insert barang

Edit barang

Delete barang


Cari barang
Edit barang

Hapus pesanan

Insert barang
Liat barang
Liat pesanan

Pesan barang
Approve pesanan



Diagram Keterangan  :

• Use case daftar : proses yang hanya dilakukan oleh admin
• Use Case Login : memuat proses login yang dilakukan oleh admin dan kasir
• Use Case Insert Barang : memuat proses insert barang yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem, dalam hal ini ke database
• Use Case Lihat Barang : memuat proses melihat barang yang dilakukan oleh user, baik dalam hal ini admin maupun kasir. Data ditampilkan dari database pada tabel Barang.
• Use Case Delete Barang : memuat proses hapus barang yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem, dalam hal ini ke database pada tabel Barang.
• Use Case Cari Barang : memuat proses cari barang yang dilakukan oleh kasir
• Use Case Edit Barang : memuat proses edit barang yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem
• Use Case Pesan Barang : memuat proses pesan barang yang dilakukan oleh kasir ke dalam sistem, dalam hal ini ke database  pada tabel Barang (untuk melihat list barang yang akan dipesan) dan tabel Pesanan (untuk menyimpan pemesanan).
• Use Case Lihat Pesanan : memuat proses melihat list pesanan barang yang dilakukan oleh baik dalam hal ini admin maupun kasir, ke dalam sistem. Dalam hal ini data diambil dari database pada tabel Detail Pesanan.
• Use Case Hapus Pesanan : memuat proses yang dilakukan oleh admin dalam menghapus list pesanan barang (yang dipesan oleh kasir). Data diambil dari database pada tabel Pesanan.
• Use Case Approve Pesanan : memuat proses yang dilakukan oleh admin dalam menyetujui (approve) pesanan barang (yang dipesan oleh kasir). Data diambil dari database pada tabel Pesanan.
• Use Case Tambah Pegawai : memuat proses insert pegawai yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem, dalam hal ini ke database pada tabel Pegawai.
• Use Case Hapus Pegawai : memuat proses hapus pegawai yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem, dalam hal ini ke database pada tabel Pegawai.
• Use Case Edit Pegawai : memuat proses edit pegawai yang dilakukan oleh admin ke dalam sistem, dalam hal ini ke database pada tabel Pegawai.
• Untuk bisa melakukan setiap kegiatan pada Use Case, user (admin dan kasir) harus login terlebih dahulu ke sistem.

Sekian ulasan saya mengenai usecase dan sequence pada kasir dan admin, semoga bermanfaat.

Sumber:
http://www.slideshare.net/PutuShinoda/software-requirementsspecification-aplikasi-logistik-alat-tulis-kantor
http://www.tutorialkampus.com/2014/06/sistem-informasi-penjualan-barang.html
http://www.devika.namablogku.com/2014/03/sistem-point-of-sales-pos.html

00.14

0 Responses to "Use Case dan Sequence Kasir dan Admin"

Posting Komentar