Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Tugas Pemrograman Berorientasi Objek

0 Comments »

Nama / NIM                                  : Ketut Sulya Arya Wasika / 1404505045
Jurusan / Fakultas / Universitas  : Teknologi Informasi / Teknik /  Universitas Udayana
Mata Kuliah                                 : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen                                            : I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT.


Java dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana dan merupakan salah satu bahasa pemrograman berorientasi objek yang multi platform dan multi device berfungsi untuk membuat dan menjalankan berbagai perangkat lunak pada komputer. Java dikenal dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". Saat ini java merupakan bahasa pemrograman yang paling populer digunakan, Java dapat dijalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang support Java dan Kebanyakan perangkat lunak yang menggunakan Java adalah ponsel pintar atau smartphone yang anda punya.

PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
OOP kepanjangan dari Object Oriented Programming atau biasa disebut dengan Pemrograman Berorientasi Objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program. Paradigma pada pemrograman yang berorientasi objek didasari oleh istilah object ( Objek ) dan class ( Kelas ).

Kelebihan
1.Multiplatform. Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja.
2.OOP (Object Oriented Programming - Pemrogram Berorientasi Objek.
3.Perpustakaan Kelas Yang Lengkap, Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya.
4. Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman C++ sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java.
5.Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kelemahan
1.Tulis sekali, jalankan di mana saja - Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain.
2.Mudah didekompilasi. Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data.
3.Penggunaan memori yang banyak. Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal).

Bagian-Bagian Dalam JAVA
Class
Class merupakan definisi yang memuat data dan metode pengolah data. Class juga dapat diartikan sebagai tempat untuk membuat objek. Di dalam class dideklarasikan variable dan method secara umum yang dimiliki oleh objek. Proses pembuatan objek dari sebuah class disebut dengan instantiation. Jadi objek merupakan hasil instansiasi dari class disebut juga dengan instance.
Class memiliki anggota yang disebut Anggota Class (class member).
Anggota Class terdiri dari :
1. Atribut atau variable
Atribut adalah menggambarkan data yang dapat memberikan informasi kelas atau objek dimana attribut tersebut berada
2.Method
Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui objek
Tiap anggota class memiliki kontrol pengaksesan tersendiri, artinya apakah anggota tersebut dapat diakses dengan bebas (tipe public) atau hanya dapat diakses melalui sebuah interface.

Objek
Objek adalah merupakan suatu bentuk dari class .Pada dasarnya semua benda yang ada di dunia nyata dapat dianggap sebagai sebuah objek, Jika perhatikan lebih lanjut, pada dasarnya ada dua karakteristik yang utama pada sebuah objek , yaitu setiap objek memiliki atribut sebagai status yang kemudian akan disebut sebagai state. Dan Setiap objek memiliki tingkah laku yang kemudian akan disebut sebagai behaviour.
Sebagai contoh sederhana adalah : Manusia memiliki state: umur, tinggi, berat dan sebagainya. Demikian pula manusia memiliki behaviour: menua, meninggi, makan (menambah berat badan) dan sebagainya. Dalam pemrograman JAVA state bisanya dikatakan sebagai variabel dan behaviour adalah method.

Pengertian dasar inheritance
Inheritance (Pewarisan) merupakan salah satu  konsep dasar OOP. Konsep inheritance ini mengadopsi dunia riil dimana suatu entitas atau obyek dapat mempunyai entitas atau obyek turunan. Dengan konsep inheritance, sebuah class dapat mempunyai class turunan. Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class.
Dalam dunia riil, suatu entitas turunan dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai dari entitas induknya. Misalkan saja antara entitas Bapak dan entitas Anak. Entitas anak dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh entitas Bapaknya. Demikian juga dalam konsep inheritance, suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class. Inilah yang terpenting dari konsep inheritance. Prinsip dasar inheritance yaitu persamaan-persamaan yang dimiliki oleh beberapa kelas dapat digabungkan dalam sebuah class induk sehingga setiap kelas yang diturunkannya memuat hal-hal yang spesifik untuk kelas yang bersangkutan.
Single inheritance
Satu hal penting yang harus kita ketahui dari konsep inheritance yang ada di Java adalah Java hanya memperkenankan adanya single inheritance. Konsep single inheritance hanya memperbolehkan suatu sublass mempunyai satu parent class. Dengan konsep single inheritance ini, masalah pewarisan akan dapat diamati dengan mudah. Inilah salah satu keunggulan OOP dalam Java. Kapan kita baru perlu menerapkan inheritance pada saat kita menjumpai ada suatu class yang perlu memperluas class lain yang sudah ada.
Pemrograman berorientasi obyek memungkinkan kelas untuk mewarisi keadaan umum digunakan dan perilaku dari kelas lain. Dalam contoh ini, Sepeda sekarang menjadi superclass dari MountainBike, RoadBike, dan TandemBike. Dalam bahasa pemrograman Java, setiap kelas diperbolehkan untuk memiliki satu superclass langsung, dan setiap superclass memiliki potensi untuk jumlah yang tidak terbatas subclass:


 

Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah pembungkus, pembungkus disini dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat diakses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lain. Konsep enkapsulasi sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan program agar dapat diakses sewaktu-waktu, sekaligus menjaga program tersebut. konsep kerja dari enkapsulasi, dia akan melindungi sebuah program dari akses ataupun intervensi dari program lain yang mempengaruhinya. Hal ini sangat menjaga keutuhan program yang telah dibuat dengan konsep dan rencana yang sudah ditentukan dari awal. Ada dua hal yang  mendasar dari enkapsulasi yaitu information hiding dan interface to access data. Berikut penjelasannya. Information hiding adalah menyembunyikan informasi dari suatu class agar tidak bisa diakses dari luar class, caranya hanya dengan memberikan modifier private pada varibel yang ingin kita hiding. Selanjutnya mengenai interface to acces data, ialah cara kita untuk mengubah nilai pada suatu variabel yang telah dilakukan information hiding. Cara yang biasa dilakukan adalah melalui method, lewat method ini kita bisa merubah nilai suatu variabel yang telah mengalami information hiding.
Dalam JAVA, dasar enkapsulasi adalah class. anda membuat suatu class yang menyatakan bahwa variable atau method sebuah class tidak dapat diakses oleh class lain dengan menjadikan class tersebut private, atau dengan menjadikan class tersebut protected, yaitu hanya bisa diakses oleh turunannya. Lain hal jika anda menggunakan class public, dalam hal ini dapat diakses oleh sembarang class karena bersifat umum.



Daftar Pustaka


Aditya. 2012. Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek. From http://www.adityarizki.net/2012/06/konsep-dasar-pemrograman-berorientasi-objek/. Diakses 1 Maret 2015

Setyonugroho.2010. Konsep Enkapsulasi(encapsulation) pada Object Oriented Programming dengan Java. From https://setyonugroho09.wordpress.com/2010/02/17/konsep-enkapsulasiencapsulation-pada-object-oriented-programming-dengan-java/. Diakses 1 Maret 2015

Wikipedia. 2014. Java. From http://id.wikipedia.org/wiki/Java. Diakses tanggal 2 Maret 2015.
04.03

0 Responses to "Tugas Pemrograman Berorientasi Objek"

Posting Komentar