Subscribe to our RSS Feeds
Hello, this is a sample text to show how you can display a short information about you and or your blog. You can use this space to display text or image introduction or to display 468 x 60 ads and to maximize your earnings.

Tutorial Install Ubuntu 14.04

0 Comments »
Nama / NIM                                  : Ketut Sulya Arya Wasika / 1404505045
Jurusan / Fakultas / Universitas    : Teknologi Informasi / Teknik /  Universitas Udayana
Mata Kuliah                                  : Pemrograman Berorientasi Objek
Dosen                                            : I Putu Agus Eka Pratama, ST.MT.

Cara Install Ubuntu 14.04 dengan Windows (Dual Boot)

Pada kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara instalasi Linux Ubuntu. Simak dengan baik dan lakukan dengan benar
Oke, langsung saja berikut Cara Install Ubuntu 14.04 dengan menggunakan Usb. Yang harus di persiapkan adalah USB Flashdrive dengan kapasitas minimal 1Gb.


Hal pertama yang mesti kita lakukan yaitu atur terlebih dahulu partisi di dalam HDD, Sisakan 20Gb untuk Ubuntu melalui Disk Management

Kita bisa menggunakan partisi lain selain C yang akan kita sisakan menjadi 20Gb, asal partisi tidak melebihi 3 sebelumnya. Karena akan menyebabkan Hardisk tidak dapat untuk Dual Boot.



Selanjutnya kita tancapkan Flashdisk dan jalankan UUI kemudian pilih distro yang akan kita install dimana dalam contoh Ubuntu dan pilih lokasi Flashdisknya



Setelah itu Reboot Laptop atau komputer nya kemudian atur urutan boot nya menjadi USB HDD yang teratas agar saat PC dinyalakan yang pertama kali di baca adalah USB yang berisikan Ubuntu yang telah kita buat.

Langkah pertama masukan installer anda, kemudian arahkan boot ke media Installer tersebut, tunggu sampai keluar menu seperti dibawah ini :
Keterangan : Try Ubuntu : Mencoba Linux Ubuntu 14.04 LTS tanpa harus Install, sedangkan Install Ubuntu adalah untuk memasang permanen Linux Ubuntu 14.04 LTS pada harddisk anda. Untuk kali ini karena kita mau Install ubuntu secara permanen maka gunakan pilih Install Ubuntu dan Pilih Jenis Bahasa, pada langkah ini menggunakan Bahasa Inggris.





 Menu dibawah ini adalah proses persiapan Installasi pada ubuntu, proses ini akan memeriksa semua periperal yang ada pada komputer/laptop anda, Pada langkah ini anda juga bisa memilih Download Update While Installing, yaitu pilihan untuk mendownload paket terbaru yang ada pada Ubuntu sama halnya dengan Install this third party software pilihan ini akan mendownload paket-paket yang berhubungan dengan multimedia seperti mpeg, mp3 dan lain sebagainya, semua pilihan ini bisa anda jalankan kalau terkoneksi dengan jaringan internet. Jika yakin pada pilihan anda klik Continue untuk melanjutkan.


Pada menu Installation Type pertama, anda akan disajikan dengan berbagai menu pilihan diantaranya : Erase Disk anda Install Ubuntu yang berfungsi untuk menghapus seluruh data yang ada di Harddisk dan menggantikannya dengan partisi baru untuk Linux Ubuntu 14.04 LTS langkah ini akan mempersingkat waktu anda, jika pilihan ini dipilih maka langkah selanjutnya adalah lompat ke langkah 13, cukup singkat dan tidak menguras banyak waktu bukan. Untuk Pilihan Something Else digunakan jika anda akan menginstall DUAL BOOT atau di Harddisk anda terdapat Data Penting dalam partisi Harddisk anda, maka gunakan pilihan yang ini, begitupun dengan Installasi kali ini akan menggunakan menu Something Else, sebaiknya kita gunakan Something Else saja agar lebih mengenal pemartisian Linux terutama Ubuntu lalu klik Continue untuk melanjutkan.


Di gambar terlihat free space dengan ukuran 20Gb yang sudah kita ambil dari partisi C diatas, kemudian klik partisi tersebut dan klik tanda "+". Kemudian buatlah swap area terlebih dulu sebagai fungsi Virtual RAM. Cukup sebesar 2Gb saja.  


Lakukan ulang seperti kita membuat swap pada area free space, kemudian buat lah mount point sebagai root atau dengan simbol "/" dengan format partisi sebagai Extend4 File System.


 Lalu atur bootloader dimana nanti akan ada tampilan untuk memilih salah satu OS yang terinstall di PC kita. Taruh saja bootloadernya pada /dev/sda yang berarti langsung ke HDD. Untuk melanjutkan klik Install Now.





Plih posisi negara dengan cara klik pada peta yang telah disediakan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.

Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.


Pada menu ini, isikan semua informasi tentang Anda, dari nama pemakai, nama komputer, username, password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.


Tunggu, proses installasi sedang berjalan, berikut tampilannya


Jika proses installasi sudah selesai, maka akan meuncul peringatan bahwa proses installasi telah selesai dilakukan, Klik Restart Now untuk melihat hasil installasi yang dilakukan tadi. dan jangan lupa untuk melepas media installer tersebut ketika komputer dalam keadaan Restart.



Berikut adalah tampilan dimana PC pertama kali di nyalakan atau kita biasa sebut GRUB. Dimana ada pilihan kita akan masuk kedalam Ubuntu atau Windows.








18.48

0 Responses to "Tutorial Install Ubuntu 14.04"

Posting Komentar